Melakukan Perawatan Terhadap Tas Kulit Kesayangan

Memiliki tas kesayangan tentu menjadi hal yang sangat menyenangkan. Ketika kita memiliki tas kesayangan, tentu kita akan rela melakukan apapun untuk dapat menjaga tas kesayangan kita itu tetap baik kondisinya. Namun masalahnya adalah, beda bahan beda pula cara merawatnya. Dan seperti yang kita tahu bahwa tas yang dijual di pasaran terbuat dari berbagai macam bahan. Sehingga kita harus tahu cara merawatnya dengan benar berdasarkan bahan yang dipakai.

Kalau tas kamu terbuat dari bahan kulit asli, kamu harus rutin dalam menyemirnya setidaknya 3 sampai 4 bulan sekali. Gunakan sikat berbulu halus. Mulailah menyemir dari bagian bawah tas untuk memastikan semir tidak merusak warna tas. Lalu sikat perlahan ke arah atas sesuai tekstur kulit. Pastikan juga menggunakan semir yang berwarna netral.

Lalu bersihkan tas dengan kain lembut atau kapas yang sudah ditetesi dengan minyak kayu putih. Gunakan tas sesuai daya kapasitasnya. Permasalahan umum tas berbahan kulit adalah kelenturan kain yang sensitif. Untuk tas kulit warna terang, hindarkan tas dari tinta atau bolpin karena bekasnya susah sekali hilang dan susah dibersihkan.

Jangan jemur tas di bawah terik matahari langsung karena kulit akan mudah sobek dan akan mempengaruhi warnanya. Gunakan silika gel untuk menghindari tumbuhnya jamur dan kelembaban di dalam tas. Namun perlu diperhatikan, apabila kamper sudah abis sebaiknya cepat diganti. Dan jika resleting terasa kurang lancar, gunakan lilin untuk memperlancar lestleting. Hal ini juga berlaku untuk jenis resleting tas lainy seperti travel bag misalnya.

Semoga tips ini bermanfaat untuk kamu dalam merawat tas kerja maupun tas lainya yang berbahan kulit.

#travelbag

No Comments Yet.

Leave a comment