Melatih Anak Kita untuk Membawa Bekal Makanan Sendiri

Kita tentu tidak ingin masa anak-anak terlewati begitu saja. Masa anak-anak bagi anak kita adalah masa dimana ia membutuhkan banyak nutrisi yang baik untuk bekal pertumbuhanya yang lebih baik. Ketika kita membekali anak kita dengan asupan nutrisi yang baik, setidaknya kita memberikanya kekuatan fisik yang baik sehingga kelak ia akan dapat meraih cita-citanya.

Sayangnya, masa kanak-kanak adalah masa dimana ia belum megerti tentang hal itu. Anak-anak cenderung tertarik pada makanan pada dua hal. Satu, rasa. Dua, tampilan. Maka di sini peran orang tua sangat dibutuhkan.

Membimbing anak untuk mengerti pentingnya gizi harus dilakukan secara perlahan. Memaksa mereka untuk segera mengerti adalah kurang bijak.

Maka kita harusmengetahui bahwa anak kita mempunyai kemampuan meniru yang baik. Manfaatkan hal ini untuk membuat mereka meniru Anda dalam memakan makanan bergizi. Beri contoh nyata tentang pentingnya memakan makanan bergizi.

Anak-anak mudah tertipu oleh penampilan. Warna-warna yang cerah dan bentuk-bentuk yang menarik sangat disukai anak-anak. Manfaatkan hal ini untuk membuat makanan-makanan bergizi bisa masuk ke dalam sistem pencernaanya. Termasuk menghias makanan di dalam lunch bag mereka.

Mengenai cita rasa, sebenarnya selera anak-anak itu belum benar-benar tercipta. Jangan samakan dengan orang dewasa yang sudah mempunyai alasan kuat untuk selera makanan tertentu. Selera makan anak dibentuk oleh orang tua mereka. Maka hadirkan cita rasa makanan yang lebih mementingkan kandungan nutrisinya.

Banyak yang bisa orang tua lakukan. Jika memang masih butuh proses untuk membuat anak kita mau memakan makanan begizi, setidaknya kita menghindarkan mereka dari ancaman jajanan berbahaya. Bekali mereka makanan di dalam lunch bag mereka.

#lunchbag

No Comments Yet.

Leave a comment